CARA UNLOCK DAN INJECT CDMA SAMSUNG GALAXY S3/NOTE 2/NOTE 3 SPRINT

Beberapa pecinta Gadget Android CDMA biasanya kesulitan meng-unlock atau menginject nomor CDMA ke Galaxy Note 3 Sprint. Pasalnya, semenjak era Galaxy S3 Samsung dan Sprint tidak mengizinkan user menulis a-key di tools inject semacam DFS atau CDMA Workshop. Tentu saja akibat tidak bisa write a-key ini fungsi telepon dan sms di Samsung S3 atau Note tidak bisa dilakukan, inject menjadi gagal separuh. Padahal koneksi data lancar jaya, hanya saja gak bisa call dan sms. Percuma aja kan??

Nah dibawah ini saya bisa memberikan informasikan cara unlock dan inject Samsung Galaxy S3/Note 2/Note 3 :
Bahan yang disiapkan :
1. Samsung USB Driver yang terakhir pastikan sudah terinstal di PC Windows.
2. Download dan Instal DFS tool dari cdmatool.com
3. Download SPCUtility.apk (android MSL Reader) di tools.flashingtools.com
4. Catat kode general unlock Samsung Sprint ini : 2012112120131219
5. MEID HEX Samsung, bisa dilihat di menu setting > about phone > status > meid hex
6. MDN (Nomor) SmartFren yang ingin diinject, prefix 0888, 0882, 0889, 0887, 0881
7. PRL SmartFren terbaru (silakan bisa minta ke iwan@robotijo.org)

Langkah 1 : Mengetahui MSL / SPC Code pada Samsung Galaxy Note 2/Note 3 Sprint

Setelah mengunduh aplikasi MSL Reader (spcutility.apk), buka aplikasi tersebut di handset samsungnya, terlebih dahulu samsungnya konek ke wifi. Setelah dibuka, klik menu READ yang tertera di aplikasi tersebut. Catat kode yang ditampilkan berupa 6 digit. Kode tersebut itu adalah MSL CODE yang berguna nanti untuk proses inject nomor ke Samsung Note.

Langkah 2 : Unlock dan Inject CDMA menggunakan DFS Tool

Setelah kode MSL diketahui, posisikan Samsung Note 2 nya ke mode Diag (DIAG MODE) dengan cara menekan / dial ##3424#, pilih qualcomm usb setting lalu pilih DM+Modem+ADB.
Setelah itu sambungkan ke PC, PC akan me-recognize dan akan terdeteksi Samsung tersebut berada di com port berapa. Misalnya di Com Port 8. Di Deretan Device Manager di bagian Com Port akan muncul namanya : Samsung Diagnostic Port (Com 8)

Buka DFS Tools. Di menu port, pilihlah samsung diagnostic port com 8.
Setelah itu, input MSL Code yang ada di kolom SPC, lalu klik SPC. Di log status DFS akan tampil bacaan device unlocked.
Setelah device unlocked melalui SPC, ada satu ritual lagi untuk proses unlock yang kedua, yaitu di menu Pwd FFFFFFFFFFFFF itu.
Masukkan kode 2012112120131219 lalu klik Pwd. Maka device akan unlocked sekali lagi.
Dua kali unlock berarti device anda siap di Inject. Kalau unlock Cuma sekali, bisa dipastikan inject anda akan gagal. Dua unlock melalui SPC dan Pwd itu merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan, jadi anda harus melakukan proses unlock keduanya.

Untuk proses inject CDMA, sayangnya Galaxy Note 2 / Note 3 Sprint tidak bisa menggunakan fungsi write akey, alhasil jika anda mempunyai min dan akey, dipastikan inject anda separuh akan gagal. Karena a-key tidak bisa di write, efeknya fungsi call dan sms tidak bisa.
Untuk mengakalinya, proses injectnya harus dirubah ke mode OTAF.

Pertama, di DFS anda harus write PRL terlebih dahulu. Pastikan anda memasukkan PRL terbaru smartfren yaitu 10072.prl atau minimal 10012.prl. Cara memasukkan PRL di DFS Tool yaitu :
– Buka tab NAM
– Di Kolom PRL paling bawah, anda load file PRL di PC. Setelah terbaca, langsung write dan kemudian DFS Toolnya di reset.
– Handset Samsung akan restart.

Kedua, Meid HEX Samsung dan Nomor SmartFren anda harus anda daftarkan inject OTAF. Sayangnya Gallery SmartFren hanya menerima inject OTAF SmartFren. Tapi jangan khawatir, anda bisa order Jasa OTAF atau MIN Akey ke :

Iwan Robotijo, Telp 0817.000.2442 pin BB 7F9A5C6D
Atau bisa order langsung ke tokounlock.wordpress.com

Ketiga, setelah proses migrasi/inject OTAF berhasil, anda tinggal melakukan proses aktifasi OTAF di Samsung Note 2 tersebut.

Di menu dial, tekan *228,,,,,1 (bintang dua dua delapan koma 6x satu)
Koma (,) ini dimunculkan di menu dial dengan menekan tombol */p agak lama sehingga dilayar muncul koma, lalu tekanlah sebanyak 6 kali. Sehingga proses aktifasi harusnya dengan dial angka *228,,,,,,1

Lalu dengarlah Suara mesin operator “Selamat datang di Smartfren ….. “ ikuti prosesnya hingga perangkat anda selesai di program. Samsungnya akan restart. Dan Voila… HP Samsung Note anda sudah bisa melakukan panggilan telepon dan SMS. Tetapi untuk data anda harus input secara manual di DFS Tool

Langkah 3 : Mengaktifkan Sinyal 3G / Internet

Setelah proses inject yang pertama berhasil, sudah bisa call dan sms, langkah terakhir adalah mengaktifkan sinyal 3G agar bisa internetan.
Masih tersambung di DFS, bukalah menu Tab Data
Lalu setting parameter seperti berikut :

PPP
SIP NAI : mdn@smartfren.net
UID : mdn@smartfren.net
Pwd : meid hex
HDR AN
NAI : mdn@smartfren.net
Pwd : meid hex
HDR AN Long
NAI : mdn@smartfren.net
Pwd : meid hex
Dial String : #777

Setelah itu di WRITE

Terus ke Tab Mobile IP:

DS QcMIP :
Untuk nomor/mdn 0881/0882 pilih : PrefMobile IP
Untuk nomor/mdn 0888/0889/0887 pilih : Simple IP

Jangan lupa WRITE, setelah itu di DFS tekan tombol RESET…

Maka Samsung akan restart, tunggu hingga menyala lagi.

Saat ini Samsung Galaxy Note 2/Note 3 anda sudah bisa digunakan. Sekarang coba test panggilan telepon, SMS dan internet. Kalau semuanya berhasil, proses unlock dan inject CDMA nya sudah OK dan MANTAP.

Selamat ya…!!

3 Comments on CARA UNLOCK DAN INJECT CDMA SAMSUNG GALAXY S3/NOTE 2/NOTE 3 SPRINT

  1. Minta tolong…mengapa HP s3 sprint CDMA saya tdk keluar signal internet di kota palembang? Sya nnggunakan SMARTFREN, Tetapi untuk WIFI dpt menyala dan Mohon bantuan …please.

    • halo mas fajar maaf baru balas, btw operatornya apa? sekedar informasi kalau operatornya esia dan flexi sudah mati atau tidak bisa d gunakan, selanjutnya bila menggunakan smartfren sepertinya harus diupdate PRL nya dengan PRL smartfren terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*